Global Warming-I

Pemanasan Global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Atmosfer bumi terdiri dari bermacam-macam gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangat dikenal dengan istilah “gas rumah kaca”.

Disebut gas rumah kaca karena sistem kerja gas-gas tersebut di atmosfer bumi mirip dengan cara kerja rumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agar suhu di dalam rumah kaca tetap hangat. Planet kita pada dasarnya membutuhkan gas-gas tesebut untuk menjaga kehidupan di dalamnya. (https://www.pemanasanglobal.net)

Penyebab Global Warming

Penyebab global warming yaitu banyaknya polusi karbon yang disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna oleh kendaraan, pabrik maupun kebakaran hutan. Pemanasan Global disebabkan diantaranya oleh “Greenhouse Effect” atau yang kita kenal dengan efek rumah kaca. Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya. (http//www.pemanasanglobal.net)

 Pengaruh Atmosfer

Atmosfer merupakan selimut tebal yang terdiri dari gas yang meliputi seluruh bumi. Atmosfer ini penting untuk melindungi bumi dari panas dan dingin yang berlebihan.  Apabila tidak ada atmosfer maka suhu akan melebihi 93 ºC pada siang hari dan kurang dari -184 ºC pada malam hari (Ir. Ance Gunarsih Kartasapoetra, 2008)

Cuaca adalah keadaan atau kelakuan atmosfer pada waktu tertentu yang sifatnya berubah-ubah dari waktu ke waktu. Iklim adalah rata-rata keadaan cuaca dalam jangka waktu yang cukup lama, minimal 30 tahun yang sifatnya tetap. Iklim merupakan kebiasaan alam yang menggabungkan beberapa unsur yaitu radiasi matahari, temperatur, awan dan angin (Ir. Ance Gunarsih Kartasapoetra, 2008)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: