Hindari kata-kata tak pasti “mungkin”

Seringkali tanpa disadari kita menjawab pertanyaan dari lawan bicara dengan menggunakan kata-kata yang tidak pasti.  Memang mudah sekali  kita menggunakan kata-kata  tersebut ketika kita sedang tidak/malas berfikir. Padahal efek dari jawaban kita tersebut bisa berakibat  kurang baik, baik buat kita sendiri juga bagi orang yang menjadi lawan bicara.

Misalkan kita ambil contoh percakapan antara pelayan dengan pelanggan :

Bisa nggak mas saya bayar pakai kartu kredit?

kalau nggak salah bisa?” atau “sepertinya bisa”

Boleh nggak saya minta bonus free sama bos?

Sepertinya bisa” atau mungkin bisa pak”

Dsb lah…..

Adapun efek dari penggunaan kata-kata ini,  katakanlah bagi kita yang bertugas melayani customer, maka customer kita akan lari, karena tidak adanya profesioanlisme. Tidak adanya penguasaan produk yang benar, tidak adanya kualitas pelayanan. Berita jelek akan tesebar kemana-mana. Sejumlah complain pun akan kita hadapi. Bukan begitu? karena customer membutuhkan sesuatu yang pasti, ya atau tidak.

Saya juga pernah membaca sebuah artikel yang membahas mengenai aturan-aturan yang mesti diterapkan dalam melakukan sugesti. Penulis menjelaskan bahwa sugesti merupakan bagian inti atau tujuan dilakukannya proses hypnosis, yaitu memberi saran positif kepada alam bawah sadar agar bisa langsung diterima dan memberi manfaat kepada klien.

Bagian yang sangat penting ini juga mempunyai beberapa aturan yang harus dipenuhi agar diperoleh hasil yang maksimal. Kesalahan dalam pemilihan kalimat sugesti bisa merugikan klien dan sebaliknya pemilihan kalimat sugesti yang tepat memberikan hasil yang maksimal.

Kalimat sugesti harus berisi kepastian dan menimbulkan harapan nyata. Untuk menciptakan kalimat pasti yang menimbaulkan harapan nyata sebaiknya hindari penggunaan kata mungkin, seandainya, mudah-mudahan, semoga dll.

Memang sulit untuk menghindari kata-kata itu akan tetapi kita harus berusaha untuk tidak  terlalu sering menggunakannya. Jikalaupun memang membutuhkannya gunakanlah pada tempat yang sesuai. Wallahu ‘alam

“And say: My Lord increase me in knowledge.”( Qur’an, Ta-Ha 20:114)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: