IKAMAT Serahkan Bantuan ke Korban Gempa Van, Turki.

IKAMAT (Ikatan Masyarakat Aceh Turki) pada 7 Desember 2011 menyerahkan bantuan terhadap korban gempa Van melalui NGO Turki IHH (insan Halk ve Hürriyetleri) Istanbul, Turki. Bantuan ini diserahkan oleh perwakilan IKAMAT Muhammad Nawawi, Putra Rizkiya, Muhammad Arhami dan Anita Desiani.

IHH merupakan lembaga non-pemerintah yang berbasis di Istanbul, Turki, yang bergerak di bidang kemanusiaaan, hak-hak kemanusiaan dan kebebasan manusia di lebih dari 100 negara. Mereka juga yang mempelopori kapal kemanusiaan Mavi Marmara yang mencoba menembus blokade Gaza oleh Israel dengan membawa bantuan dan relawan pada tahun 2010.

Secara umum donasi ini adalah hasil dari sumbangan mahasiswa Aceh yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri, antara lain berasal dari mahasiswa Aceh yang ada di Turki dibawah naungan organisasi IKAMAT (Ikatan Masyarakat Aceh Turki), mahasiswa Aceh di Jerman di bawah organisasi IMAN (Ikatan Mahasiswa Aceh Jerman), Taiwan (organisasi mahasiswa Aceh Ranup lam Puan) dan Britania Raya (Rangkang Nanggroe Aceh – UK). Selain itu, sumbangan juga berasal dari masyarakat umum di Indonesia lainnya.

Selain sebagai bentuk kepedulian masyarakat Indonesia pada umumnya dan mahasiswa Aceh pada khususnya terhadap penderitaan korban gempa Van, donasi ini juga diinspirasi dari besarnya jasa Pemerintah Turki dalam rekonstruksi Aceh pasca bencana gempa dan tsunami pada tahun 2004. Beberapa yayasan Turki bahkan masih menunjukkan kepedulian mereka hingga sekarang lewat jalur edukasi di Aceh.

Gempa Van Turki yang terjadi pada tanggal 23 Oktober 2011 berkekuatan 7,2 skala richter menewaskan lebih dari 600 orang dan mencederai lebih dari 1700 orang. Setelah itu, gempa susulan yang melanda pada tanggal 9 November 2011 skala richter. Rangkaian gempa ini paling tidak menyebabkan sekitar 2000 bangunan rumah hancur dan merusak 3700 bangunan lainnya.

Perwakilan IKAMAT yang turun langsung ke lapangan, Muhammad Nawawi, mengatakan bahwa keadaan korban gempa cukup memprihatinkan. Mereka yang tempat tinggalnya mengalami rusak berat terpaksa tinggal di dalam tenda meskipun musim dingin telah melanda Van. Temperatur udaranya berkisar 5 sampai – 13 0C Yang diikuti dengan turunnya salju.

Langkah cepat tanggap pemerintah Turki dalam menangani korban gempa berjalan dengan cukup baik. Awalnya memang pemerintah turki mengatakan bahwa mereka bisa menanganinya sendiri, akan tetapi setelah mengetahui luasnya dampak yang ditimbulkan oleh gempa bumi tersebut maka pemerintah Turki dibawah kepemimpinan partai AKP (partai keadilan dan pembangunan) ini merefisi kembali pernyataannya dan bersedia untuk menerima bantuan dari Negara-negara lain yang ingin membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: