Lahirnya Ikatan Masyarakat Aceh di Turki


Istanbul-  Pelajar dan mahasiswa  beserta masyarakat Aceh di Turki pada 15 Oktober 2011 membentuk Ikatan Masyarakat Aceh-Turki (IKAMAT) di Istanbul, Turki.

Pembentukan organisasi ini dikukuhkan dengan acara duek pakat bersama yang dihadiri oleh mahasiswa dan masyarakat Aceh dari seluruh propinsi di Turki.

Pembentukan organisasi IKAMAT ini didasari oleh makin banyaknya mahasiswa Aceh yang menuntut ilmu dan juga masyarakat Aceh yang tinggal di Turki.

Kehadiran IKAMAT diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat Aceh di Turki dalam rangka mempererat tali silaturrahmi masyarakat Aceh di Turki. Dalam jangka panjang, organisasi ini juga diharapkan mampu berperan dalam pembangunan Aceh.

Acara duek pakat ini dihadiri oleh puluhan pelajar dan mahasiswa tingkat sarjana, master dan doktoral di Turki. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh masyarakat Aceh yang telah lama berdomisili di Turki.

Dalam acara duek pakat ini, dilaksanakan sidang yang dipimpin oleh presidium Baiquni Hasbi, Putra Rizkiya dan Muhajjir. Sidang memilih Muhammad Nawawi sebagai ketua IKAMAT. Pusat dari IKAMAT akan digilir antara Istanbul dan Ankara, dua kota di Turki dengan jumlah masyarakat Aceh terbanyak. Pusat dari IKAMAT untuk tahun 2011 adalah di Istanbul.

Ketua terpilih Muhammad Nawawi mengatakan bahwa IKAMAT lahir dari inisiasi mahasiswa Aceh yang melihat perlunya membentuk organisasi sebagai wadah untuk mengorganisir  masyarakat Aceh di Turki. IKAMAT juga diharapkan dapat menjalin komunikasi dengan berbagai organisasi mahasiswa dan masyarakat Aceh dan Indonesia di Turki dan juga di berbagai negara lainnya di dunia.

4 responses

  1. Salamalaykum.. mas/mbk perkenalkan nama saya Erwin, saya mahasiswa TI smester 5.
    I have a dream to continue my study in Turkey, if u don’t mind boleh minta pengalaman apply for scholarship😀 (buat yang mengajukan eheh ), atau saya minta sarannya mas !!!
    ini email/ym saya mas erwinadityalatif@yahoo.com
    jazakallhu khoiron 😀

  2. wa3laikum salam warahmatullah..
    oh yaa klo mau info tentang turki dan bagaimana untuk mendapatkan beasiswanya silahkan hubungi aja ke :
    email : info@ppiturki.org
    Website : http://www.ppiturki.org
    semoga bermamfaat🙂

  3. […] Artikel asli: https://atjenese.wordpress.com/2011/10/19/lahirnya-ikatan-masyarakat-aceh-di-turki/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: