Terima Kasih Çemberlitaş

Puasa kali ini (2010) agak sedikit berbeda dengan tahun lalu. Semua itu mungkin dipengaruhi oleh lokasi tempat kami tinggal selama liburan musim panas. Dulu kita semua mahasiswa yang tidak pulang kampung ditempakan di asrama Abdi Ipekci, Beşiktas, sedangkan untuk tahun ini dialihkan ke asrama Edirne kapi. Kedua tempat ini juga masih terletak di wilayah Istanbul bagian Eropa

Asrama ini lebih baru dibandingkan dengan asrama yang lain yang di kelola oleh pemerintah. Letaknya cukup strategis, dekat dengan jalur transportasi seperti bus dan metro. Kalau hendak ke pusat kota ataupun ke kampus-kampus kita tinggal keluar dari asrama dan langsung bisa menunggu bus, karena jalus busnya tepat di depan asrama. Sedangkan di depan samping kiri asrama kita akan menjumpai stasiun metro yang menghubungkan kita ke Airport dan Aksaray yang merupakan stasiun terakhir Metro yang juga merupakan interchange stasiun dengan tranvay bagi penumpang yang mau ke pusat-pusat wisata seperti Sutanahmet, topkapi, Taksim dll.

Hal inilah yang menyebabkan banyak mahasiswa berkeinginan untuk tinggal di tempat ini, walapun demikian tidak semuanya diizinkan. Biasanya untuk mendapatkan izin tinggal di suatu asrama petimbagannya adalah kedekatan seorang mahasiswa dengan kampusnya. Katakanlah bagi mahasiswa yang kuliah di Istanbul Universitas lebih diutamakan tinggal di asrama Edirne kapi, sedangkan bagi mahasiswa yang kuliah di Universitas Istanbul Teknik dan Universitas Yildiz Teknik akan mudah mendapatkan izin tinggal di asrama Abdi ipekçi.

Bagi kami mahasiswa, Ramadhan ini disamping merupakan bulan untuk meningkatkan amal ibadah juga merupakan bulan penghematan dari pengeluaran sehari-hari untuk makan. Kalau kita hitung-hitung pengeluaran terbesar yang harus dikeluarkan di sini adalah untuk makan karena untuk transportasi kita diberikan fasilitas  berupa kartu gratis yang bisa digunakan pada semua fasilitas transportasi milik pemerintah selain pesawat terbang.

Datangnya bulan Ramadhan memang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa, baik itu mahasiswa asing yang datang dari berbagai Negara maupun mahasiswa Turki sendiri. Hampir semua elemen masyarakat maupun pemerintah ikut ambil bagian dalam menyambut dan mengisi Ramadhan dengan berbagai macam agenda yang sudah mereka persiapkan jauh-jauh hari.

Puasa tahun  lalu kita setiap harinya hunting tenda untuk iftar. Untuk bisa iftar di tenda-tenda kita mesti datang lebih cepat untuk ngantri karena kalau tidak bisa terlambat iftar. Memang membutuhkan sedikit perjuangan. Kadang-kadang sempat datang terlambat sehingga ketika waktu iftar tiba kami masih ngantri untuk bisa masuk ke tenda-tenda.

Tahun ini kita tidak perlu lagi untuk mengantri karena ada beberapa tempat yang menyediakan menu iftar tanpa harus mengantri. Akan tetapi, kami dibagikan kartu semacam undangan untuk setiap harinya yang dibagikan sehabis iftar. Ada juga yang membagikan kartu musafir untuk bisa digunakan selama sebulan penuh.

Pembagian kartu yang bisa kita gunakan selama sebulan penuh itu dilakukan oleh sebuah lembaga yang dikelola oleh mesjid İskenderpaşa yang berlokasi di Fatih tepatnya di jalan belakang Historia. Sedangkan yang membagikan kartu undangan perhari itu di Çemberlitaş yang di bagikan oleh Birlik vakfı. Lokasinya tidak terlalu jauh dari stasiun tranvay di Çemberlitaş.

Birlik vakfı inilah yang menjadi tempat iftar favorit kami selama bulan Ramadhan tahun ini. Disamping menu yang dihidangkan lumayan enak juga berfariasi untuk setiap harinya. Kita disini begitu datang tinggal duduk manis sambil mendengarkan bacaan alquran yang di lantunkan oleh qari yang sudah ditunjuk oleh pihak pengelola iftar. Bacaan alquran ini dilantunkan menjelang waktu iftar tiba yang biasanya sekitar lima belas menit menjelang iftar.

Para pemburu amal ini tak mengenal lelah dalam melayani para tamu yang hendak beriftar. Mereka tidak pernah mempersoalkan dari mana kita datang, apa latar belakang agamanya, asalkan tujuannya adalah untuk ikut beriftar bersama tetap mereka layani, walaupun diantara para tamu ada yang puasa dan ada juga yang tidak berpuasa. Ada juga beberapa rekan mahasiswa itu yang bukan muslim kebanyakan mereka berasal dari Benua Afrika dan Mongolia.

Keramah tamahan para petugas dalam menyambut semua tamu yang datang juga menjadi suatu hal yang membuat suasana iftar bertambah nyaman bagi semua yang hadir. Ketika kita memasuki pintu gerbang Birlik vakfı ini sudah mulai nampak petugas yang sibuk menyambut para tamu dengan sapaan yang hangat yang diiringi dengan senyuman yang tulus inshaallah.

Çemberlitaş memang menjadi tujuan bagi para musafir yang hendak melakukan iftar dibulan Ramadhan. Paling tidak di tempat ini ada dua lokasi sebagai penyediaan tempat iftar, satu di Birlik vakfı yang letaknya di depan mesjid Ali Paşa sekitar 500 meter dari stasiun tranvay dan satu lagi tepat di samping stasiun tranvay. Sehingga nama Çemberlitaş ini semakin popular bagi masyarakat, khususnya bagi para mahasiswa.

Rasa syukur yang mendalam atas anugerah Allah yang telah menggerakkan hati para hambaNya untuk membantu memfasilitasi acara iftar ini sehingga kita bisa berkumpul laksana sebuah keluarga untuk bisa merasakan kebersamaan iftar jama’I setiap harinya. Saling kenal mengenal antara satu sama lainnya walaupun berbeda Negara bahkan berbeda benua sekalipun.

Terima kasih yaa Çemberlitaş…terima kasih wahai hamba Allah. Semoga setiap peluh yang keluar dalam mempersiapkan dan memudahkan kami dalam beriftar bisa menjadi amal unggulan yang dapat menghantarkanmu ke syurgaNya kelak. Semoga semua permasalahanmu di dunia akan dimudahkan oleh Allah azza wajal sebagaimana engkau telah memudahkan orang lain dibulan Ramadhan ini. Allah razı olsun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: