Gerakan Kemanusiaan Global

Banyak orang tidak tahu bahwa peristiwa Tsunami di Aceh pada akhir tahun 2004 telah membuat perubahan besar dalam perkembangan kegiatan kemanusiaan dan karitas di Turki. Jika sebelum peristiwa Tsunami terjadi, hampir semua NGO dan Charity Foundation di Turki kesulitan untuk memberikan bantuan bagi korban bencana di negara lain disebabkan regulasi yang begitu ketat dan sulitnya memperoleh izin dari pemerintah.  Dengan terjadinya Tsunami, berbagai NGO dan Charity Foundation di Turki telah mendorong pemerintah turki untuk mengubah kebijakan dan regulasi terkait izin penyaluran bantuan ke luar negeri,

Pasca peristiwa Tsunami di Aceh, berkiprahlah berbagai NGO dan charity foundation Turki dalam berbagai kegiatan bencana internasional, baik bencana alam, maupun bencana sosial. Dua NGO yang terbesar di Turki yaitu IHH dan Deniz Feneri memiliki program kemanusiaan di lebih dari 40 negara di dunia.  Program itu tersebar di negara Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Latin. Berbagai program yang dilakukan adalah memberikan bantuan makanan, pelaynan medis darurat, pembangunan shelter bagi anak yatim, pembangunan sekolah, pembangunan klinik kesehatan, penyediaan sarana sanitasi dan air bersih,  pembangunan fasilitas kampus, pengembangan keterampilan dan usaha  serta berbagai upaya dalam meningkatkan pendapatan kelompok masyarakat (income generating).

Dari waktu ke waktu kegiatan kemanusiaan global ini mengalami peningkatan. Dukungan masyarakat Turki terhadap kegiatan karitas global terus mengalir. Keberhasilan berbagai NGO di Turki dalam menggalang sumber daya dari masyarakat Turki telah memperkuat daya jelajah NGO asal Turki untuk berkontribusi pada ranah kemanusiaan di tingkat internasional.

Puncaknya adalah ketika IHH yang didukung oleh banyak NGO, charity foundation, organisasi dukungan terhadap masyarakat palestina dan organisasi kemanusiaan lainnya melakukan kegiatan aksi kapal kemanusiaan freedom Flotila untuk membantu masyarakat Palestina di Gaza yang sedang menderita karena blokade kekuatan tentara Israel.  Rombongan kapal kemanusiaan Mavi Marmara pada akhir Mei lalu ini kemudian mendapatkan serangan dari tentara Israel yang mengkibatkan belasan orang menjadi korban. Peristiwa ini sontak menjadi perhatian luas masyarakat dunia. Bagaimanapun juga aksi kemanusiaan yang seharusnya dilindungi ternyata malah mendapatkan serangan membabi buta dan jelas-jelas melanggar semua hukum internasional.

Peristiwa serangan atas kapal kemanusiaan Mavi Marmara justru semakin meningkatkan semangat para aktivis kemanusiaan untuk terus melakukan tugas-tugas kemanusian di berbagai kawasan di dunia. Berbagai NGO di Turki pun kini semakin memperkuat jalinan kerjasama dan gerakan dalam membantu masyarakat dunia yang sedang dirundung berbagai masalah. Perkuatan kerjasama ini bahkan juga melibatkan banyak NGO dan lembaga-lembaga kemanusiaan di berbagai negara.

Ketika kepada aktivis kemanusiaan Turki ini ditanyakan apa alasan yang melatarbelakangi semua aktivitas kemanusiaan global yang dilakukan selama ini, seorang aktivis menjawabnya : “Kita adalah kelompok manusia yang dilahirkan untuk saling membantu dan menolong, karena kita diharapkan untuk menjadi contoh kebaikan bagi semua manusia, sehingga kita akan senantiasa terlibat dalam perwujudan kehidupan kemanusiaan yang lebih baik di seluruh dunia.”

Meskipun berbagai NGO itu terlibat dalam kegiatan kemanusiaan di luar negara, akan tetapi perhatiannya terhadap persoalan kemanusian di dalam negerinya, pastilah jauh lebih besar lagi. Bahkan manakala sebuah NGO begitu perhatian kepada persoalan kemanusian antar bangsa, maka akan semakin menguatkan keyakinannya untuk semakin besar pula perhatiannya dalam mengurusi masalah kemanusiaan di dalam negaranya. Jadi tak perlu ada keraguan bagi perwujudan gerakan kemanusian global.

By : Ahmad Juwaini (Direktur eksekutif Dompet Dhuafa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: