Penggolongan Turki

Turki yang kita kenal sekarang ini merupakan sebagian terkecil dari Negara yang dulunya menjadi bagian dari wilayah yang dikuasi oleh khilafah islamiyah Turki usmani yang mencakup beberapa wilayah di daratan eropa. Turki yang beribukotakan Ankara sekarang ini , dulunya merupakan kawasan pusat pemerintahan dari kerajaan Turki Usmani.

Adapun berdasarkan bahasa, Turki itu sendiri terbagi menjadi 3 grup. Kesemuanya itu merupakan rumpun dari bahasa Turki itu sendiri. Walaupun memiliki sedikit perbedaan diantara ketiganya. Adapun ketiga grup yang telah kita bicarakan  yaitu :

A. Oğuz

  1. Turki
  2. Turkmenistan
  3. Azerbaijan
  4. Balkan
  5. Moldova
  6. dll

Kelompok ini sebagian besarnya itu berlokasi di dataran eropa, walaupun beberapa diantaranya masih berada di kawasan asia. Kita contohkan Turki  yang merupakan pusat dari semuannya. Negara ini sendiri terletak diantara dua benua, yaitu asia dan eropa. Adapun bagian dari Negara ini yang tergolong atapun berada di benua asia yaitu Istanbul. Akan tetapi bukanlah Istanbul keseluruhan. Akan tetapi sebagian dari kota Istanbul saja yang termasuk dalam wilayah benua eropa. Walaupun demikian belum digolongkan kedalam wilayah eropa union.

Keseluruhan dari Negara-negara ini kalau kita lihat dari agama yang dianut oleh masayarakatnnya ialah islam sunni. Hannya saja moldova yang beragamakan Kristen katolik. Hal ini lebih disebabkan oleh letak dari Moldova itu sendriri yang berada disekitar negara2 Eropa yang beragamakan Kristen.

B. Kıpçak

  1. Kirgizstan
  2. Kazakistan
  3. Tatarstan
  4. Bashkiriya
  5. Altay
  6. Dll

Keseluruhan dari kelompok ini berada di kawasan Asia Tengah. Sebenarnya masih banyak lagi Negara-negara yang tergolong dalam kelompok ini, akan tetapi kita belum mendapatkan datanya sehingga belum bisa kita ungkapkan dalam tulisan ini. Aliran keagamaan yang dianut oleh negara-negara ini adalah muslim sunni.

C. Çağatay

  1. Turkistan Timur
  2. Uzbekistan

Kelompok ketıga ını merupakan gabungan darı kedua kelompok yang sudah kita bahasa sebelumnya. Salah satunya adalah Uygur yang sering disebut oleh masyarakat dikawasan tersebut dengan nama Turkistan Timur. Kita juga akan mendapatkan nama lain dari kawasan ini dengan sebutan shinzyang yang di beri nama oleh China. Kawasan ini sendiri masih berada dibawah pemerintahan China. Kalau dari aliran keagamaan yang dianut oleh masyarakatnnya adalah muslim sunni.

Bersambung……!

(Sumber : Shavkat Abdujabarov-Kirgizstan, mahasiswa program magister Istanbul University )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: