Berlabuhnya Dewaruci di Istanbul

Bertepatan dengan tanggal 27 Mei 2010 tepatnya pukul 12.00 siang, kapal dewaruci yang tergabung dalam tall ship merapat di pelabuhan karakoy Istanbul. Sekitar 24 kapal dari sekitar 17 negara ikut serta dalam tall ship tahun ini. Sebelumnya, kapal ini juga sudah singgah di beberapa Negara, seperti Saudi Arabia, yunani dan belgia.

Acara ini di buka untuk seluruh masyarakat yang mau melihat-lihat dan ingin mengetahui seputar kebudayaan dan hal-hal lainnya. Khususnya dewaruci, sejak dibuka untuk menerima para pengunjung hingga hari menjelang malam pun suasananya tetap ramai. Baik diramaikan oleh mahasiswa/I Indonesia yang study di turkey dan juga oleh masyarakat yang berdomisili di Istanbul. Semua itu tidak terlepas dari pengaruh pelayanan dari awak kapal yang satu ini yang dikenal dengan murah senyum dan membuka tangan selebar2nya untuk semua pengunjung.

Hari perdana kita disambut oleh kapten kapal pak Soeharto. Beliau dan para perwira lainnya menjelas kan ke kita semua tentang sejarah dan pengalaman yang sudah mereka alami selama di kapal ini. Baik cerita pahit dan juga pastinya cerita yang menyenangkan mengenai kesuksesan yang telah diraih selama ini. Betapa tidak dengan menggunakan kapal buatan jerman yang di beli sekitar tahun1950an ini mereka sudah banyak mengarungi samudra luar ini sampai ke berbagai Negara dengan satu tujuan adalah memperkenalkan Indonesia.

Di atas kapal inilah para abk memperkenalkan Indonesia kepada semua pengunjung. Banyak acara yang dilakukan, diantaranya disini juga disiapkan stand untuk memamerkan barang-barang dan juga berbagai perhiasan serta pakaian khas Indonesia. Semua yang diperlihatkan tersebut juga dipersilahkan bagi yang mau membelinya. Selain itu juga para pengunjung dihibur dengan nyanyian dan goyang poco-poco.

Pada hari keduanya yaitu jumat sore sekitar pukul 4 sore. Semua peserta tall ship dari berbagai Negara yang ikut berpastisipasi melakukan pawai kebudayaan di taksim. Pawai ini juga bertujuan untuk lebih memperkenalkan kebudayaan dari tiap masing Negara yang ikut ambil bagian dalam acara ini.

Keesokan harinya, yaitu pada hari sabtu diadapan open house. Pada acara ini semua tamu yang hadir akan disuguhkan makanan. Khususnya Indonesia kita dijamu dengan aneka makanan Indonesia seperti, gado-gado, sate, mie dan makanan lainya.

Acara ini berakhir pada hari minggu. Semua kapal tersebut meninggalkan pelabuhan karakoy Istanbul pada pukul 15.00 waktu setempat. Kemudian dilanjutkan ke Negara berikutnya. Diantaranya ke Belgia, Belanda, spanyol dan juga beberapa Negara lainya. Perjalanan ini akan menempuh sekitar enam bulan kedepan baru setelah itu kapal dewaruci ini akan kembali berada di Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: